Minggu, 19 Juni 2016

Proses

semuanya belajar ya belajar..
tidak ada satu manusiapun yang langsung ahli saat lahir
seseorang sebelum dikatakan ahli dia telah melewati suatu proses panjang, dimana dia dengan susah payah menghabiskan waktu, tenaga, materi, dan pikirannya untuk keahliannya itu. 
proses panjang berbentuk terpaan dan latihan mungkin sudah ia lewati.
sama halnya dengan menjadi orang tua, semua adalah pembelajaran baginya, oleh karenanya tidak ada orang tua yang sempurna. 

Waktu akan membuat kita semakin mengerti apa yang mudah dan sulit dalam kehidupan ini. waktu akan membuat kita semakin bijak saat sesuatu tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan.
anak mana yang tidak ingin mendapatkan orang tuanya berkecukupan? anak mana yang tidak mau orang tuanya pintar dalam semua hal? anak mana yang tidak ingin orang tuanya menyayangi, memperhatikan, mendidiknya dengan baik?
tapi sekali lagi mereka bukan ahli dalam kurun waktu yang cepat, mereka juga perlu proses.
saat anak pertama lahir, status mereka bertambah dari seorang istri dan suami bertambah menjadi ibu dan ayah. sungguh itu tidak mudah bagi mereka.. sama halnya saat status istri dan suami disandang itupun tidak mudah.. semua butuh proses untuk menjadi idaman atau ahli.
lalu masih kah menyalahkan proses pendidikan kita saat kecil? saat kita tersadar ada yang salah dalam proses pendidikan kita saat kecil disaat itulah kita harus memperbaiki kesalahan itu. agar saat kita menjadi orang tua kita tidak membuat kesalahan yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar