Sabtu, 05 September 2015

Kuliah vs nikah

Soal yang satu ini pasti pernah dirasakan sama beberapa perempuan khususnya para akhwat budiman, yang ingin menjaga dirinya dari segala berbau hubungan yang tidak halal. Galau mau milih menyelesaikan pendidikan terlebih dahulu atau menyempurnakan agama sambil menuntut ilmu?. (Emang yang nulis udah gak galau?) haha.. udah jangan bahas penulisnya kita bahas intinya, mau kuliah apa nikah? Nah loooh
Pembahasan ini selalu menarik, disaat hati kosong tak ada yang mengganggu, tentu para akhwat akan dengan tegas mengatakan tidak akan menikah sebelum menyelesikan pendidikan, tapi kalau posisinya hati sudah dibikin ga tenang, pikiran gak karuan, ibadah jadi kacau, hafalan berterbangan, apa masih tegas menyatakan "menikahnya nanti saja.."?? Hoho jadi mikir dua kali dech... ayo kita ikuti diskusi antara dua akhwat dibawah ini, mungkin bisa membuat kita ambil sikap setelah ini.

A: "Aku sih mending nikah sambil kuliah dari pada ibadah jadi kacau gara-gara galau mulu" Ujar salah satu akhwat ketika ditanya mau menyelesaikan kuliah terlebih dahulu atau nikah sambil kuliah, ketika pikiran jadi galau gara gara seseorang??
Yupz.. bener banget dari pada terus terus maksiat hati, merusak ibadah mending nikah dong.. nikah kan ibadah... Eiiitsss tapi ga semudah yang diucapkan ternyata..
B : "iya sih, obat jatuh cinta itu cuman satu, nikah, tapi apa si doi mau membiayai kita? Buat biaya makan di awal nikah aja pasti kembang kempis.. iya kalau si doi udah mapan dengan pekerjaannya nah klo sama sama masih kuliah.. rempong pastinya.."

hmm bener juga.. tapi apa iya serempong yang dipikirkan?? mungkin bisa jadi begitu, bagaimanapun ada hal hal materi yang kudu dipikirkan, apalagi kalau bener bener belum mapan, bayaran kuliah, kontrakan, makan, dll yang memerlukan uang untuk bayar itu semua.

A : "loh ko takut sama materi sih, Allah kamu simpan dimana?? Rezeki Allah yang ngatur, itu janjiNya, kita tinggal usaha semaksimal mungkin, cari beasiswa mungkin biar biaya kuliah ringan"

B: " ok.. aku setuju materi Allah yang ngatur, sekarang soal perizinan kuliah dech, ia klo suami izinin kita kuliah, nah klo disuruh ngurus rumah aja gimana? Mending selesaikan dulu pendidikannya, tahan gejolaknya sebentar, baru nikah, kan enak bisa bebas ngurus rumah, anak dan lainnya.."

Oooi ko yang gitu ditanyain sih, ya pastinya, sudah ada komitmen di awal dong sebelum nikah, suami mau memperhatikan pendidikan istri ga? Mau suami yang ajarin atau izinin istri nyari ilmu di luar? Masa pendidikan guru pertama buat anak-anaknya ga diperhatikan? Macam pula mana ini... huhu..

A : " bukannya batas mencari ilmu itu ketika kita meninggal?so kamu mau nikah setelah meninggal gto?"

Haha.. mau meninggal dalam keadaan bujang? Uiiih.. padahal di hadits dikatakan seburuk-buruknya manusia yang meninggal dunia adalah manusia yang meninggal dalam keadaan membujang... waaaah

B : -_- ga gto juga kaliiiii "mencari ilmu itu wajib, menikah sunah, tapi ketika nanti kita punya anak semua itu akan berubah, kita sebagai perempuan tentu kewajiban kita adalah mendidik anak, kebayang klo pas ada matkul anak kita nangis pengen mimi atau lagi sakit, jelas ga ada pilihan lagi, kita harus mengutamakan dia kan?"

A : "masalahnya kan kalau di ntar ntar nikahnya jadi kebanyakan maksiat.."

B : "iya lupa kita bahas ini kan buat yang galau akut.. haha"

Iya bener banget, yang galaunya udah akut, ga bisa tahan lagi, dari pada maksiat bersama mending ibadah bersama.. tuing tuing..
Tapi kalau yang masih bisa bertahan pikirkan matang matang, niat nikahnya di luruskan lagi,  karena menikah bukan hanya urusan jatuh cinta, tapi bagaimana cinta kita menuju cintaNya, apa visi misi kita berumah tangga? Jadi ketika si doi datang apa visi dan misinya sudah sejalan dengan kita? Jangan sampai ketika menikah, kita tidak tau bahtera rumah tangga mau berjalan kemana dan dengan jalan seperti apa? Atau bingung anak anak kita nantinya mau dididik seperti apa?? Ditangan para wanita peradaban di mulai.. jangan asal didik karena sibuk kuliah, bisa bisa anak kita salah didikan..
Allah yang mau tahu mana yang terbaik bukan? Asal kita berdoa meminta kepadaNya.. menikah adalah anugrah, jika anugrah ini datang disaat yang tidak tepat pasti jadi musibah, jadi tenang.. Allah tau waktu yang tepat buat kita.. sambil menunggu waktu itu datang.. yuk mencari ilmu sebanyak banyak tentang rumah tangga..
Semoga bermanfaat :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar