Selasa, 22 Agustus 2017

Belajar memilih

Cerita masak

"Siang-siang makan sayur bening kayanya seger"

pikir saya meliar membayangkan sayuran hijau dengan kuah bening, uapnya menari-nari di udara, dan tercium aroma khas sederhana.

Liat ke dapur ada oyong yang kemarin dibeli tapi belum sempet diolah, ga pikir panjang langsung beraksi dengan semangat 45, cukup potongan oyong, irisan bawang, cabe dan tomat di tambah telor. Bahan terakhir emang tambahan dadakan, tiba-tiba pengen ditambahin telor kocok kaya di kuah-kuah mie, perdana masukin telor di sayur bening sih, dibayangan enak, ga tau  rasa akhirnya gimana.

Akhirnya....
Jadi deh!

Setelah berkutat dengan garam dan sedikit gula akhirnya nemu rasa yang pas dilidah. Bener-bener dibikin ngiler sama harum kuahnya, ga sabar mau ngabisin.

Pahit!!

Kok oyongnya pahit?!!

Semua bayangan sayur bening nikmat gugur dalam suapan pertama. Seumur-umur baru kali ini nemu sayur oyong pahit, buatan sendiri lagi.

Remuk hati adek bang....

Padahal tadi ngebayangin kegagalan sayur bening tak akan terulang lagi, setelah pernah keasinan kaya air laut, dan kepedesan gara-gara irisan cabenya kebanyakan, itu cukup buat pembelajaran. Pas kuahnya udah mantep sayurnya yang pahiiiit.

Sedih, kayanya emang belum berjodoh masak sayur bening yang enak nikmat di lidah. Malah gara-gara ini kepercayaan diri saya memudar buat belajar masak.

Masa masak sayur bening ajja ga bisa!

Hiks!
Hiks!

Apa salah adek baaaang....

masak oyong aja pahit...

Saya penasaran, sambil memisahkan oyong dari mangkuk, saya coba cek di internet apa ada kejadian orang lain masak sayur oyong pahit selain saya, atau jangan-jangan cuman saya sendiri yang ngalamin masak oyong pahit.

Ada!

Ternyata ada kisah ibu-ibu yang berulang kali masak oyong pahit.

(((Berulang kali)))

Kok saya bahagia ya nemu cerita beginian?!  Bukan bahagia diatas kepahitan oyong orang lain... bukan.. bukan itu.. saya bahagia ternyata bukan saya sendiri di dunia ini yang masak oyong pahit. Ada teman seperoyongan ternyata...

Sambil nyuap kuah sayur, saya senyum-senyum sendiri pas baca artikelnya, ternyata pahitnya oyong ada sebabnya, bisa jadi oyong yang lama di diamkan menyebabkan pahit pas dimasak , atau bisa jadi memang oyongnya sudah tua.

Oyong aja bisa pahit klo di diamkan terlalu lama apalagi orang...

Baper deh...

Intinya sih buat emak-emak muda kaya saya belajar milih sayuran juga sebuah skill, jangan asal ngambil, atau jangan asal masak.

Milih sayuran aja kudu teliti apalagi milih suami...

Baper lagi deh...

Milih memilih itu emang penting, kudu banyak nanya atau banyak baca-baca artikel memilih pasangan yang enak dihati, eh maksdnya milih sayuran yang enak untuk dinikmati...

Selamat belajar memilih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar