Minggu, 15 Mei 2016

Alasan

sudah beberapa kali setiap akhir minggu saya mengikuti diklat guru, yang dihadiri beberapa orang dari tempat ngajar saya dan calon guru yang sudah mendaftar, bervariasi dari yang masih semester akhir kuliah atau kita sebut kaula muda sampai yang sudah memiliki anak.
sudah tidak aneh lagi memang, jika anak muda satu forum dengan para orang tua maka jika ada tugas kelompok pihak mana yang akan mengerjakan?! dengan beberapa alasan yang membuat anak-anak muda mau tidak mau memakluminya.

"klo udah punya anak mah.. beda pikirannya udah kemana-mana.."

"aduh bantu doa ajja ya.. banyak kerjaan di rumah, cucian udah ngegunung..."

" saya bantu yang gampang ajja ya, anak mudakan yang berkarya.."

tulisan ini bukan ketidak sukaan saya terhadap mereka, hanya sebagai catatan bagi saya, apakah nanti ketika saya sudah berumah tangga akan seperti mereka? hal-hal kerumah tanggaan menjadi alasan tidak aktif dalam menuntut ilmu?
entahlah apakah di pihak laki-lakipun sama seperti ini atau tidak, hanya saja saya lebih sering melihat para ibu beralasan seperti ini. why?? apakah memang ketika sudah memiliki anak tidak akan ada lagi waktu untuk belajar atau mengerjakan tugas?
lucunya saat teman saya bercerita, jika disatu forum semuanya adalah para ibu, maka jumlah anak dan lamanya pernikahan akan menjadi alasan siapa yang lebih layak untuk mengerjakan tugas kelompok. ya..ya..ya.. saya memang belum faham situasi mereka, walau sudah terbayangkan sibuknya menjadi istri sekaligus ibu.  saya hanya berharap semoga esok, sesibuk apapun saya di rumah nanti alasan seperti diatas tidak terlontar dari diri saya, dan semoga memiliki partner yag senantiasa memperhatikan pendidikan saya. aamiin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar