Minggu, 16 Oktober 2016

Kirologi dan hibernasi

Pernah mendengar "Kirologi"?? Itu adalah nama sebuah ilmu.. ilmu yang menggunakan kira-kira.. tentu ini adalah plesetan.. saya mengetahui ini dari teman, dia orang Palembang, dalam bahasa Palembang "kiro-kiro" adalah kira-kira. Jadi istilah "kirologi" digunakan untuk orang yang suka mengira-ngira terhadap sesuatu.

Bagaimana dengan hibernasi??Pertama kali mendengar kata hibernasi, saya kira itu adalah bahasa sunda yang dikerenkan... (hiber dalam bahasa sunda berarti terbang) karena kata-kata biasa yang diubah menjadi "kata keren" atau kata "sok ilmiah" sudah menjadi tren dikalangan masyarakat saat ini, maka saat teman saya mengatakan ingin berhibernasi, dalam benak saya, dia menginkan terbang jauh pergi dan tak ada satupun yang dapat menjangkaunya, dari sana saya sering menggunakan istilah itu jika saya ingin sendirian tidak ada yang mengganggu. Saya tidak pernah bertanya, saya hanya mengira arti hibernasi, dan teman saya tidak merasa curiga dengan pemahaman saya, karena dalam benaknya arti hibernasi menurut biologi yang dipahaminya tidak jauh beda dengan pemahaman saya, sama sama tidak ingin keluar dari satu tempat dan menjauhi keramaian.
Setelah beberapa kali menggunakan kata hibernasi saya mulai penasaran, apakah pemahaman saya betul atau tidak terhadap kata itu, akhirnya satu-satunya cara adalah bertanya, hal tercepat adalah bertanya pada om google, dan akhirnya terjawab sudah arti yang sebenarnya.
Dalam hidup, kadang kita memahami dan meyakini satu hal, padahal kebenaran dan keyakinan kita belum tentu benar adanya, satu satunya cara adalah dengan mencari kebenaran dan keyakinan itu, dan jangan sampai kita termasuk ahli kirologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar